Latest News

Begini Cara Menentukan Dan menggunakan Pupuk Yang Baik Dan Benar

Tanaman memerlukan nutrisi tertentu utk tumbuh dgn baik. Berapa jumlah pupuk yg harus digunakan dan seberapa sering pemakaiannya ? 
Itu tergantung pada media tanam yg digunakan dan jenis pertumbuhan yg ingin dipicu.

1. Unsur utama, pendukung, dan pelengkap
Di alam siklus dari nutrisi dimulai dari tumbuhan menyerap nutrisi dari tanah selama mereka hidup dan akan kembali ke tanah dikala mereka mati. Siklus ini yg menjamin selalu tersedianya nutrisi di alam.
Lalu bagaimana dengan di lahan, di kebun, di taman apalagi di pot lokasi kita berkebun ?
Kascing, bokashi, keranjang takakura, kompos itu yaitu cara kita menggandakan cara siklus nutrisi alam. Tentu saja setiap peniru tdk akan sebaik yg aslinya. Ada sebagian porsi materi organik yg tdk kembali. Di sanalah bergotong-royong konsep awal dari PEMUPUKAN.
Mulai terasa : Waduh aliran saya wacana pupuk selama inii keliru ?Tanaman memerlukan nutrisi tertentu utk tumbuh dgn baik Begini Cara Memilih Dan Menggunakan Pupuk Yang Baik dan Benar
Pemupukan yaitu cara umum utk menyediakan nutrisi lengkap yg diharapkan tumbuhan biar tumbuh dgn sehat.
Pilihan kita banyak dan tergantung pada jenis dan keadaan media tanam dan jenis pertumbuhan yg dipicu.
Unsur utama :
Ada 3 unsur makro yg diharapkan tanaman, yaitu nitrogen (N), Phosphorus (P), dan Kalium (K). Ketiga unsur ini umum muncul di kemasan pupuk anorganik sebagai NTanaman memerlukan nutrisi tertentu utk tumbuh dgn baik Begini Cara Memilih Dan Menggunakan Pupuk Yang Baik dan Benar:K.
Nitrogen : biasa mempunyai kegunaan utk memicu pertumbuhan daun. Umum digunakan utk sayuran yg berdaun seperti: bayam, kangkung.
Phosphorus : mempunyai kegunaan utk kesehatan akar. Selain biasa untuk memancing pembuahan.
Kalium:berguna utk memicu pembungaan dan meningkatkan mutu buah.

Kemudian ada 3 unsur pendukung: calcium, magnesium, dan belerang/sulphur yg diharapkan dalam jumlah kecil dan dikenal dgn unsur nutrisi penunjang.

setelah itu ada 7 unsur mikro : Boron, Klor, Tembaga/Cu, Besi/Ce, Mangan, Molibdenum, dan seng/Zn yg dikenal dvn mikro nutrient.

2. Macam pupuk
Pupuk sanggup dibagi jadi 2 kelompok besar: pupuk organik dan pupuk anorganik.
Pupuk organik:
Pupuk yg berasal dari materi organik alam ibarat sisa hewan atau tumbuhan, seperti: darah binatang, tulang, ikan, atau juga rumput laut.
Bahan organik ini bereaksi sangat lambat sebab memerlukan mikroba utk merombaknya terlebih dahulu, sebelum sanggup digunakan oleh tanaman. Ini alasan utama mengapa derma pupuk organik 'matang' tdk mengganggu ke tumbuhan yg diaplikasikan.

Pupuk anorganik
Pupuk anorganik yaitu semua pupuk yg dibentuk insan secara sintetis. Sebagian besar dibentuk secara industrial.
Oleh sebab dibentuk secara sintetis maka konsentratnya tinggi dan bereaksi cepat. Dgn kelemahan utama: gampang tercuci air hujan dan pemakaian berlebih berpotensi meracuni tumbuhan dan juga ekosistem.
Bijaklah dalam memakainya. NTanaman memerlukan nutrisi tertentu utk tumbuh dgn baik Begini Cara Memilih Dan Menggunakan Pupuk Yang Baik dan Benar:K yg normal 7:7:7 atau 15:15:15. Lihat porsinya yg proposional baik N: P: K nya sehingga biasa digunakan utk pertumbuhan masa vegetatif. Perubahan porsi menjadi 5: 52: 20 utk utk memicu pembuahan (unsur P lbh tinggi dari K) dan 10: 25: 35 utk memicu pembungaan. Komposisi porsinya tergantung pabriknyg membuatnya.

Pupuk istimewa yg terakhir adalah: pupuk anorganik slow release. Ini pupuk khusus yg sengaja diberi pelindung/coated. Tujuannya yaitu menggandakan pupuk organik yg lambat bereaksi. Oleh sebab pupuk ini diberi lapisan pelindung dan melepas nutrisinya sedikit demi sedikit, pupuk ini tdk gampang tercuci oleh curah hujan.
Biasa digunakan sebagai pupuk anggrek.

Point terakhir :
Tadi telah dibahas bahwa materi organik memerlukan mikroba pembantu untuk merombak ahan itu menjadi zat nutrisi yg sanggup digunakan tanaman. Mikroba2 itu dikategorikan sebagai biro hayati. Peran dari biro hayati itu ada yg merombak materi organik jadi kompos, ada yg bersimbiosis dgn akar menambat nitrogen, ada juga pelarut fosfat ada juga yg berperan menghambat pertumbuhan jamur dan serangga patogen.
Jadi biro hayati bukanlah pupuk. Demikian juga hormon zpt dan enzym pertumbuhan.
Semoga sanggup mencerahkan.

0 Response to "Begini Cara Menentukan Dan menggunakan Pupuk Yang Baik Dan Benar"

Total Pageviews