Latest News

Cara Gampang Berternak Kambing Etawa


Ternak Kambing Etawa  - Bagi para kalangan peternak kambing, pastilah sudah tidak gila lagi dengan yang namanya kambing etawa. Ternak kambing etawa banyak dilakukan oleh masyarakat untuk sanggup dimanfaatkan sebagai penghasil susu, sebagai kambing daging, bahkan dilombakan atau dikonteskan, lantaran bentuknya yang anggun dan gagah.

Oleh alasannya itu makin banyak saja, orang yang beralih dari ternak kambing jawa menjadi ternak kambing etawa, terutama para penduduk tempat jawa timur serta jawa tengah. Ternak kambing etawa yang banyak dibudidayakan yaitu jenis kambing etawa super atau kerap disebut juga kambing etawa unggulan. Ini salah satu tumpuan kambing etawa super.

Harga kambing etawa ampai dengan saat ini terhitung stabil, dengan undangan pasar yang terus meningkat. Baik itu dari pasar lokal maupun keperluan import. Hal tersebut merupakan peluang perjuangan yang sangat menjanjikan bagi Anda.
 pastilah sudah tidak gila lagi dengan yang namanya kambing etawa Cara Praktis Berternak Kambing Etawa
Ternak Kambing Etawa
Ternak kambing etawa disamping beberapa laba yang telah disebutkan diatas, laba yang lain dari yaitu tidak membutuhkan lokasi peternakan yang luas, umur kambing etawa relatif panjang, serta masa panen yang lebih cepat dibanding dengan ternak kambing jenis lainnya.

Untuk Anda yang hendak serius ternak kambing etawa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan semoga hasil yang didapatkan sesuai dengan harapan. Langkah – langkah ternak kambing etawa yaitu sebagai berikut :

1.Pengadaan Indukan Kambing Etawa
Sebaiknya membeli indukan untuk ternak Anda dapatkan dari para peternak kambing etawa langsung, hal ini bertujuan semoga indukan yang Anda dapatkan terang mempunyai track record yang anggun dan sudah terang terbukti kualitasnya.

Ciri-ciri kambing jantan super untuk ternak kambing etawa yaitu mempunyai bentuk punggung lurus, bentuk badan gagah dan besar, kaki kambing kokoh, umur kambing jantan sudah mencapai usia 1,5 tahun serta bebas dari cacat dan juga penyakit.

Sedangkan ciri-ciri kambing betina sebagai indukan ternak kambing etawa yang anggun yaitu berkaki lurus, badan proporsional serta jinak, mempunyai putting berjumlah 2 buah, serta bebeas dari banyak sekali macam pnyakit maupun cacat fisik.

2. Pakan Ternak Kambing Etawa
setelah bibit kambing etawa jantan dan betina unggulan sudah Anda dapatkan dari peternak yang terpercaya, sebaiknya kambing tersebut eksklusif diberikan vitamin semoga tahan terhadap habibat gres di sangkar Anda serta sanggup segera menyesuaikan diri dengan baik.

Selanjutnya pinjaman pakan kambing. Sebaiknya Anda memperlihatkan pakan kambing sesuai dengan kebgutuhan ternak itu sendiri. Kategorikan menurut usia kambing tersebut. Hal ini dimaksudkan semoga pinjaman pakan sanggup dilakukan secara optimal.

Lebih Jelasnya Baca : Inovasi Membuat Biostarter Turunan Pakan Kambing !
Umumnya ternak kambing etawa diberi makan berupa dedaunan serta kacang-kacangan, yang kaya akan protein dan mineral, dan baik untuk pertumbuhan kambing etawa.  Sekarang sudah banyak aneka jenis pakan buatan yang sesuai dengan keperluan vitamin dan mineral kambing yang gampang Anda dapatkan di took ternak maupun took pertanian.

Untuk Anda yang gres memulai ternak kambing etawa, sanggup mencoba member pakan kambing etawa Anda dengan komposisi bekatul dan konsentrat dengan perbandingan takaran 3 : 1. Atau sanggup juga dengan memperlihatkan bekatul 50%, bungkil kelapa 25%, serta 25% bungkil kacang kacangan.

Pemberian pakan juga sanggup diselingi dengan dedaunan hijau mirip daun pohon lamtoro, daun pohon nangka, daun ppaya dan lain sebagainya. Pemberian pakan dalam ternak kambing etawa sebaiknya rutin dilakukan setiap pagi dan sore hari. Untuk air minum sendiri Anda sanggup menambahkan garam yodium untuk keperluan nutrisi kambing etawa.

3.Pemeliharaan Ternak Kambing Etawa
  • Kandang Kambing. Pembuatan sangkar untuk ternak kambing etawa sebaiknya dibentuk dari materi yang berpengaruh serta murah, cukup lubang ventilasi, higienis dari kotoran kambing semoga mencegah timbulnya basil penyakit, area makan dan minum yang gampang dijangkau kambing, serta menerima asks sinar matahari yang cukup.
  • Periode Beranak. Pada dasarnya, kambing etawa sanggup beranak sampai 3 kali dalam waktu 2 tahun. Namun demikian Anda sanggup mengusahakan ternak kambing etawa semoga sanggup beranak lebih dari 3 kali dalam 2 tahun. Beberapa cara diantaranya yaitu mengawinkan kambing etawa pada saat usianya benar-benar telah memasuki ekspresi dominan kawin,yaitu kurang lebih usia 11 sampai 12 bulan.
Umumnya masa birahi kambing etawa berlangsung selama 1 sampai 2 hari serta siklus tersebut dialami selama kurun waktu 2 sampai 3 minggu. Tanda-tanda kambing minta kawin yaitu nafsu makan menurun, gelisah, ekornya dikibaskan terus menerus, serta sering buang air kecil dan tidak teratur.

Sedangkan masa hamil pada ternak kambing etawa betina biasanya berlangsung selama 5 bulan, serta 2 bulan berikutnya yaitu periode melahirkan dan istirahat. Pada periode tersebut usahakan untuk rajin membersihkan kambing serta sangkar semoga kambing etawa Anda terhindar dari penyakit cacingan maupun kudisan.

4. Menentukan Panen
Masa panen dalam ternak kambing etawa, ditentukan tergantung dari sasaran pasar yang akan Anda masuki, kalau sasaran Anda yaitu warung sate kambing, dengan keperluan daging muda, makaAnda sudah sanggup dipanen dalam usia 8 sampai 12 bulan.

Ternak kambing etawa tidak hanya dagingnya saja yang sanggup menghasilkan, susu kambing, kulit kambing, sampai kotorannya pun sanggup menghasilkan uang. Jika Anda jeli dalam pemasaran hasil dari ternak kambing etawa Anda tentu tidak ada hal yang sia-sia dari perjuangan Anda.

Demikianlah artikel singkat dari Kami yang mengulas wacana ternak kambing etawa, semoga sanggup menambah warta bagi Anda. Selamat Berternak Kambing Etawa.. !!!

Sumber gambar :Peternak Kaligesing

0 Response to "Cara Gampang Berternak Kambing Etawa"

Total Pageviews