Latest News

Analisa Peluang Perjuangan Ternak Ayam Kampung Super Cepat Panen


 

Ternak Ayam kampung - Peluang perjuangan di bidang ternak memang masih terbuka lebar. Kebutuhan hewani beserta turunanya masih sangat tinggi dan akan terus meningkat dari tahun ketahun. Salah satu binatang yang sampai sekarang masih banyak di butuhkan ialah ayam kampung. Namun, mirip yang kita tahu, bahwa ayam kampung mempunyai kelemahan yaitu masa pertumbuhan yang terhitung lebih usang daripada ayam jenis pedaging mirip boiler. Namun, seiring perkembangan zaman, ayam kampung sanggup di budidayakan cengan masa panen yang relatif lebhi singkat yaitu 40 hari. Ayam kampung ini biasa di sebut dengan ayam kampung super.
 Peluang perjuangan di bidang ternak memang masih terbuka lebar Analisa Peluang Usaha Ternak Ayam kampung Super Cepat Panen
Ternak Ayam kampung
Ayam kampung super sebenernya merupakan ayam hasil persilangan antara ayam petelur dengan ayam kampung yang mempunyai tubuh atau postur besar dan sehat. Karena tingginya seruan daging ayam kampung sementara seruan tersebut tidak sanggup di penuhi terutama lantaran lamanya masa panen ayam ampung sehingga menciptakan para peternak mencoba menyilang jenis ayam yang lalu lahirlah jenis ayam kampun seuper yang sanggup di panen dalam waktu realtif singkat sehingga sanggup mempercepat produksi peluang perjuangan ayam kampung.

Peluang perjuangan ayam kampung memang mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan ayam pedaging.

Keunggulan Peluang Usaha Ayam Kampung Super

  1. Ayam kampung mempunyai cita rasa yang lebih gurih di bandingkan dengan ayam pedaging. Ayam kampung populer dengan dagingnya yang yummy sehingga tidak mengherankan penggemar ayam kampung tetap saja bertambah meskipun ayam pedaging kian banyak serta lebih murah.
  2. Ayam kampung super mempunyai harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan ayam pedaging jenis boiler. Hal ini tentu lantaran lamanya masa panen ayam kampung serta rasanya yang lebih gurih sehingga ayam kampung mempunyai harga yang stabil serta lebih tinggi.
  3. Ayam kampung super lebih tahan penyakit. Karena lebih tahan penyakit sehingga peluang kematian berkurang dan itu berarti, peternak sanggup memanen hasil lebih besar. Biasanya untuk ayam kampung yang di urus dengan baik, kematian paling jelek ialah 10 % sementara rata - rata hanya 2% dari seluruh ayam yang diternakkan.
  4. Ayam kampung lebih sehat. Alasan kesehatan juga menjadi lantaran tersendiri mengapa penggemar ayam kampung semakin bertambah. Dalam daging ayam kampung super mempunyai kandungan gizi yang baik serta lemak yang lebih rendah sehingga lebih kondusif untuk di konsumi, sementara itu, ayam pedaging lantaran hampri seluruh pakan dari makanan materi kimia sehingga dagingnya kurang sehat terlebih bagi mereka yang mempunyai kolestero tinggi.
  5. Ayam kampung super lebih cepat pertumbutuhannya. Ayam ini sanggup memperpendek masa panen sampai 50 hari dengan rata - rata bobot ayam sampai 9 ons. Dengan begitu, anda sanggup lebih cepat memanen hasil serta lebih ekonomis dalam permodalan.
Keunggulan - keunggulan tersebut di atas memang tidak ada di dalam peluang perjuangan ayam jenis lain. Sehingga memang ayam kampung super sanggup di jadikan peluang perjuangan kecil yang sanggup menghasilkan laba maksimal dalam waktu yang singkat.

Untuk memperjelas wacana prospek perjuangan ini, mari kita simak analisa usahanya.
Analisa Bisnis Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung Super

Jika kita sumsikan kita akan memelihara ayam kampung super dengan jumlah bibit sebanyak 400 ekor. Biasanya dari pihak penyedia DOC atau anakan ayam kampung super akan menawarkan free setiap 100 ekor sebanyak 2 ekor. Dan harga untuk setiap DOC kita asumsikan sebanyak Rp. 5.000,- / ekor.

Modal yang di keluarkan.
No
Kebutuhan
Harga Satuan
Jumlah Unit
Jumlah
1
Modal untuk bibit
Rp.     5.000
400 + 8 ekor
Rp.   2.000.000
2
Pakan 0 – 60 hari
Rp. 250.000
16 Sak
Rp.   4.000.000
3
Vitamin dan Vaksinasi
Rp. 200.000

Rp.      200.000






Jumlah


Rp    6.200.000,-
Keterangan :
Untuk jumlah pakan biasanya per 1000 ekor idealnya menggunakan 40 karung pakan.
Anda sanggup mencoba untuk lebih menghemat modal dengan memberi pakan alami untuk ayam kampung

B. Pemasukan

Aumsi bahwa kematian yang di alami ialah 5 %. Maka dari 400 ekor maka jumlah ayam yang mati ialah 20 ekor sehingga ayam yang siap jual tersisa sekitar 380 ekor. Berat rata -rata per kg ayam ialah 0,9 kg sehingga kita sanggup memperhitungkan keuntunganny sebagai berikut :

harga ayam terendah sekitar Rp. 22.000,- dengan maksimal mencapai 30 ribuan per Kg. 
No
Keterangan
Harga Satuan
Jumlah Unit
Jumlah
1
Penjualan Ayam
Rp 25.000/kg
0.9 kg x 380 = 342 kg
     Rp. 8.550.000






Jumlah Pendapatan


     Rp. 8.550.000
Dengan jumlah pendapatan seperit yang tertera di atas maka kita mendapatkan laba sebesar :
Pendapatan Bersih
= Pemasukan – Pengeluaran

= Rp  8.550.000-– Rp 6.200.000

= Rp 2. 350.000,-
Persen laba ialah
Keuntungan : Total modal x 100 % = 2.350.000 : 6.200.000 x 100% = 38%.
Dengan perhitungan di atas, maka anda sanggup menghitung berapa laba yang di sanggup jikalau anda menjalankan peluang perjuangan ayam kampung super dengan modal Rp. 20.000.000,- maka laba anda akan sanggup di taksir sebesar
38% x Rp. 20.000.000 = Rp. 7,6 juta.
Angka yang tidak mengecewakan besar bukan? perjuangan ini sangat cocok anda jalankan baik sebagai peluang perjuangan utama maupun peluang bisnis sampingan.

Kesimpulan Analisa Peluang Usaha Ternak Ayam Kampung
Usaha ini masih sangat besar potensinya untuk di kembangkan. Di tempat Jabodetabek misalnya, keperluan akan ayam daging kampung mencapai 280.000 ekor / hari dan gres sanggup di penuhi 5%. Angka yang masih sangat timpang dan ini juga mengambarkan bahwa peluang perjuangan ayam kampung masih sangat bagus. Dengan adanya ayam kampung jenis super, di harapkan akan sanggup memenuhi keperluan ayam kampung yang masih sangat kurang tersebut.

0 Response to "Analisa Peluang Perjuangan Ternak Ayam Kampung Super Cepat Panen"

Total Pageviews