Latest News

Tips Dan Trik Budidaya Ikan Gurami Cepat Panen


Budidaya Ikan Gurami  - Dalam waktu pemeliharaan 4 bulan saja, ikan gurami sudah dapat dipanen dengan ukuran konsumsi. Rahasianya, terapkan budidaya gurami cepat panen secara intensif. Pilih segmen pembesaran yang dimulai dari memelihara benih gurami ukuran 125 gram/ekor atau sekitar 8-10 ekor/kg.

Pilihan pakan yang terbaik adalah pellet pabrikan, probiotik dan daun sente. Takaran usulan pellet pabrikan yang diberikan 3-5% dari total berat benih dalam satu kolam. Sedangkan daun sente dapat hingga 10% dari jumlah total berat benih ikan dalam satu kolam. Pemberian pakan jangan dalam satu waktu sekaligus, tapi diberikan secara sedikit demi sedikit beberapa kali sehari. Cara ini akan menciptakan pakan selalu habis dan lebih mempercepat pembesaran.
 ikan gurami sudah dapat dipanen dengan ukuran konsumsi Tips dan Trik Budidaya Ikan Gurami Cepat Panen
Budidaya Ikan Gurami
Kolam yang digunakan untuk budidaya gurami cepat panen adalah bak tanah, bak semen dan bak terpal. Atur tingkat kepadatan benih-benih yang dipelihara. Untuk tingkat kepadatannya, 8-10 ekor tiap meter kubik. Kedalaman bak minimal 80 cm. Air bak dapat menggunakan tergenang atau sirkulasi. Untuk bak yang menggunakan air tergenang, perlu sering melaksanakan sifon (pembersihan kotoran di dasar kolam). Untuk bak bersirkulasi, debit air diatur jangan terlalu besar. Cukup dapat membuang bahan-bahan organik yang ada di kolam.

Kunci keberhasilan membesarkan gurami dengan cepat di bak terpal adalah selalu menjaga kesehatan gurami dan proteksi pakan dengan nutrisi yang tepat. Untuk menjaga kesehatan gurami, awasi selalu air kolamnya. Lakukan pencucian dasar bak tiap sekali sebulan. Pemberian sekam padi di bab dasar kolam, pencampuran probiotik ke dalam pakan pellet, dan garam. Ukuran bak terpal 4 m x 8 m dengan kedalaman minimal 80-100 cm.
 ikan gurami sudah dapat dipanen dengan ukuran konsumsi Tips dan Trik Budidaya Ikan Gurami Cepat Panen
Budidaya Ikan Gurami
 ikan gurami sudah dapat dipanen dengan ukuran konsumsi Tips dan Trik Budidaya Ikan Gurami Cepat Panen
Budidaya Ikan Gurami
Dalam budidaya gurami cepat panen menggunakan bak terpal, proteksi sekam berfungsi untuk menstabilkan suhu air bak tetap stabil. Sekam di dasar bak akan terdekomposisi sehingga meningkatkan suhu air. Perambatan kenaikan suhu air perlahan-lahan sehingga tidak menyebabkan ikan gurami kaget atau stress. Bau jerami juga disukai ikan gurami yang memang habitat aslinya berada di air hening mirip rawa atau telaga yang kaya rumput-rumput air. Dengan penerapan budidaya yang baik, dari ukuran ikan 125 gram dapat dipanen 4-7 ons dalam waktu 4 bulan saja. Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Dan Trik Budidaya Ikan Gurami Cepat Panen"

Total Pageviews