Latest News

Panduan Dan Tips Cara Menanam Brokoli Yang Baik Dan Tepat

Brokoli merupakan sayuran yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi, alasannya ialah bernutrisi tinggi dan mempunyai rasa yang enak. Ada beberapa tips dan cara menanam brokoli yang sanggup kita ketahui supaya tanaman brokoli tumbuh dengan sehat dan produktif.



Cultivar: ada banyak macam jenis yang sanggup di kecerdikan dayakan. Seperti delicate green, royal green, radiant green, green king, dan green jewel. Selain dari itu masih banyak varietas yang sanggup kita tanam.
Untuk penyiapan benih sanggup kita rendam dahulu dengan larutan fungisida. Perendaman sanggup dilakukan dengan air panas suhu 55 derajat Celcius selama 15 menit lebih, atau sekitar 30 menit. Benih yang baik akan tenggelam, dan yang jelek akan mengambang. setelah diseleksi, lanjutkan merendam hingga hingga 12 jam atau hingga terlihat benih sedikit memecah, supaya memudahkan perkecambahan.

Area persemaian:
Penyemaian di bedengan: Olah dan cangkul area sedalam 30 sentimeter sebelum kita menciptakan bedengan. Buat bedengan dengan lebar sekitar 110 cm hingga 120 cm secara memanjang. Penyemaian sanggup dilakukan dengan menggunakan plastic polybag. Gunakan adonan ayakan pupuk sangkar masak halus dengan tanah, perbandingan 1 : 2. Siram bibit dengan gembor, dan tutup dengan daun pisang setelah selesai supaya kelembaban terjaga.

Penanaman dilakukan dikala bibit berusia 1 bulan. Atau telah mempunyai 3 helai daun atau 4 helai daun. Jarak tanam ialah 50 x 50 cm untuk kultivar bertajuk lebar dan 45 x 65 untuk kultivar bertajuk tegak. Waktu tanam yang baik ialah jam 6 – jam 9 pagi, atau sekitar jam 3 di sore hari. Isi satu lubang tanam dengan satu bibit. Hati-hati dalam pemindahan dari area semai ke area tanam, jangan hingga akar dan daunnya rusak.
Hama penyakit sanggup dikontrol dengan pestisida. Penyulaman atau penyeleksian tanaman yang sakit atau kurang sehat sanggup dilakukan dikala tanaman berusia 2 ahad pada masa tanam.  Jangan lupa lakukan pertempelan atau pengikatan daun supaya bunga terkena sinar matahari sehingga hasil maksimal.

Penyiangan terhadap gulma sanggup dilakukan berbarengan dengan pencangkulan atau penggemburan tanah sekitar 7 hingga 10 hari setelah tanam (atau pemupukan susulan gelombang pertama). Lalu 20 hari setelah tanam, dan terakhir setelah satu bulan masa tanam.

Pemupukan embel-embel dengan adonan urea / za 44 kg dan tsp 93 kg serta kcl 45 kg sanggup dilakukan pada tanaman 1 minggu, 3 minggu, dan 5 ahad setelah tanam.

0 Response to "Panduan Dan Tips Cara Menanam Brokoli Yang Baik Dan Tepat"

Total Pageviews