Latest News

Panduan Cara Menciptakan Tanaman Berbuah Di Luar Musim

 Teknologi off-season pada buah-buahan sekarang semakin berkembang. Hal ini tentu dikarenakan oleh beberapa alasannya yaitu antara lain harga komoditas buah-buahan yang lebih mahal pada saat tidak musimnya. Selain itu keperluan akan buah-buahan itu terus diharapkan sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Beberapa jenis buah-buahan musiman antara lain mangga, jeruk , kelengkeng,durian dan lain-lain. Harga buah-buahan tersebut pada saat demam isu sangat jatuh bahkan tidak ada harganya sehingga membuatnya berbuah sepanjang tahun yaitu pilihan yang masuk akal.


Teknik  Konvensional Tanaman Berbuah Sepanjang Musim

Untuk menciptakan tumbuhan buah sanggup berbuah sepanjang tahun, ada beberapa metode tradisional yang sudah dilakukan sejak jaman dahulu, antara lain:
1. Teknik  Kerat
Ini dilakukan dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) melingkar sepanjang ling­karan pohon hingga kelihatan pembuluh xylem (kayu pohon).
  2. Teknik  Pruning
Cara Pruning dilakukan dengan memangkas daun, cabang dan ranting, hingga pohon gundul atau tersisa sedikit daun.
  3. Membuat  Pelukaan :
Teknik Pelukaan dilakukan  dengan melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya sanggup dengan mengerok, mencacah, mema­ku atau mengiris kulit kayu.
   4. Pengikatan
Mengikat akrab pohon de­ngan kawat hingga transpor hasil foto­­sintesa pembuluh floem terhambat.
   5. Stressing air
Cara ini dilakukan dengan tidak menyiram ta­naman hingga mencapai titik layu permanen, lalu dengan tiba-tiba melaksanakan penggenangan per­akaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Cara Modern Tanaman Berbuah Sepanjang Musim

Cara-cara pembuahan tumbuhan tidak pada musimnya tersebut intinya yaitu meru­bah perbandingan unsur carbon (C) dan nitrogen (N) -C/N ratio )dalam badan tanaman.  Namun cara tradisional ini mem­punyai kelemahan yaitu tidak  terukur.

Apabila  aplikasinya kebetulan pas, akan  berhasil tapi jika tidak pas maka akan  ga­gal. Dalam budidaya tumbuhan buah secara konvensional ter­sebut sebenarnya  tidak dire­komen­­­dasikan, lantaran selain tidak sanggup mem­berikan kepastian, juga sanggup meng­akibatkan kerusakan pohon se­ca­ra fisik dan fisiologis.

Cara lebih modern menciptakan tumbuhan berbuah sepanjang tahun atau tidak pada musimnya yaitu memperlihatkan zat pengatur tumbuh (ZPT) atau Agro-chemical yang mengubah perbandingan kandungan C dan N ibarat di atas.

Teknik agro-chemical ini akan merubah fisiologis tumbuhan dengan cara meng­hambat fase pertum­buhan vegetatif de­ngan tugas hormon atau senyawa kimia tertentu, biar muncul fase generatif -bunga dan buah.

Ketentuan supaya Tanaman sanggup dibuahkan di luar demam isu :

-   Tanaman sehat, dengan ditandai percabangan merata, daun berwarna hijau renta mengkilat dan tidak sedang terjangkit hama atau penyakit.
  -  Tanaman sudah remaja atau sudah pernah berbunga. Pem­bu­ngaan di belum dewasa sanggup meng­akibatkan terganggunya pertum­buhan vegetatif tumbuhan yang meng­akibatkan postur tumbuhan menjadi kerdil dan tidak sehat.
  -  Lebih utama tumbuhan tidak dalam fase akselerasi pertumbuhan vege­tatif yang ditandai dengan tidak adanya: pertumbuhan tunas tumbuhan dan daun gres (pupus).

Bagaimana Aplikasi ZPT supaya Tanaman Berbuah Sepanjang Musim


Di pasaran ada banyak sekali jenis zat pengatur tumbuh antara lain : NAA (Naphthyl Acetic Acid/Asam Naftali Asetat), Auxin, Gibberelin, Pak­lo­butrazol dan Po­tasium Klorat (KClO3). Zat pengatur tumbuh tersebut mempunyai fungsi untuk men­dorong pembungaan serem­pak pada tanaman.
Aplikasi dari zat pengatur tumbuh tersebut pada tumbuhan buah yaitu dengan menyemprotkannya pada seluruh pecahan tanaman, terutama  pada stomata daun. Konsentrasi penyemprotan zat pengatur tumbuh yaitu 5-10 ppm.

Perawatan Tanaman Buah setelah Aplikasi Pengatur Tumbuh

Untuk hasil maksimal dan menghindari kerusakan tumbuhan buah pasca aplikasi pengatur tumbuh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:
- Tanaman harus tercukupi air
Air diharapkan untuk tranpor nutrisi (hara) dari akar hingga proses fotosistesis yang berlangsung lebih cepat dengan kuantitas lebih banyak dari biasanya, mengingat hasil fotosintesis berupa pati dan fruktosa diproduksi dalam jumlah besar untuk pengisian buah.

- Pemupukan bunga-buah yang sempurna (waktu, komposisi & dosis)
Pupuk kompos dan pupuk anorganik dengan komposisi Nitrogen rendah dan Fosfor-Kalium tinggi (misal NPK 10-30-30) diper­lukan untuk mendukung pem­ben­tukan bunga-buah.

- Sanitasi lingkungan dan Pengendalian hama  penyakit yang baik
Sanitasi dilakukan de­ngan cara membersihkan gulma total yang berada di bawah tajuk tanaman, sedang gulma/rumput di luar tajuk cukup dibabat 2-3 cm biar tidak menjadi sarang hama dan penyakit. Hama yang sanggup menggagalkan pembentukan bunga-buah yaitu kutu putih yang hidup sebagai benalu pada pupus dan daun muda, ulat hijau kecil penggerek pupus dan lalat buah yang bertelur pada bakal buah.

Itulah beberapa langkah supaya tumbuhan buah sanggup berbuah di luar musim. Namun yang terpenting yaitu bagaimana menjaga tumbuhan tetap sehat dan prima dengan memenuhi prasyarat-prasyarat tersebut. Karena pada saat tumbuhan berbuah di luar demam isu metabolisme dalam badan tumbuhan akan berubah dengan cepat dari vegetatif ke generatif.


0 Response to "Panduan Cara Menciptakan Tanaman Berbuah Di Luar Musim"

Total Pageviews