Latest News

Wow Begini, Cara Simpel Mengolah Jerami Padi Untuk Pakan Ternak


Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak - Apakah Anda pernah kerepotan dalam menyiapkan pakan ternak untuk sapi, domba atau kambing sehingga menghambat acara Anda yang lain? Pernahkah Anda juga merasa terbebani alasannya membutuhkan waktu yang banyak untuk mencari pakan ternak Anda?  Dan Anda merasa memelihara ternak itu repot alasannya harus menyiapakan pakan?

Anda tidak usah kwatirkan hal itu?, Menyiapkan pakan ternak sangatlah gampang dan cukup sederhana. Anda sanggup memanfaatkan bahan-bahan disekitar rumah Anda untuk dijadikan pakan ternak. Paling penting ialah komposisi pakan ternak sanggup memenuhi keperluan gizi ternak tersebut.

Jerami padi salah satunya. Ketersedianya cukup berlimpah hampir diseluruh lokasi-lokasi. Saat animo panen datang, jutaan ton jerami padi terhampar di lahan persawahan. Sampai saat ini pemanfaatnya belum optimal, sebagian di gunakan untuk pakan ternak sapi, sebagian lagi untuk pupuk dan sisanya sebagian besar dibakar.

Jerami padi merupakan sumber hijauan bagi ternak yang mempunyai nutrisi cukup banyak serta mempunyai kandungan protein kasar  yang sangat diharapkan oleh ternak. Sebelum kita mengulas bagaimana metode pembuatan pakan ternak dari materi jerami, Anda perlu tahu bergotong-royong apa saja yang terkandung dalam jerami padi.

No    Kandungan      Persentase (%)
1      Protein Kasar     3,6%
2      Lemak              1,3%
3      Abu                16,4%
4      BETN             41,6%
5      Serat Kasar        32%
6      Lignin              4,9%
7      Silicia             13,5%
8      P                   0,10%
9      Ca                  0,24%
Sumber : TPUPM

Dari data diatas, kandungan jerami padi baik dipakai untuk diolah menjadi pupuk maupun pakan ternak. Untuk pakan ternak bergotong-royong jerami padi kurang memenuhi syarat, alasannya kandungan lignin dan Siilicia  cukup besar. Kedua zat tersebut sanggup menjadikan kandungan gizi sulit dicerna oleh ternak.

Jika ternak pribadi diberikan pakan jerami keadaan segar (tidak diolah), maka bergotong-royong sia-sia. Artinya jerami padi sebagai pakan ternak hanya berperan sebagai pengganjal perut, biar ternak tidak kelaparan. Yang mana perlu Anda tahu nutrisi dalam jerami padi tidak bisa diserap oleh ternak secara baik.

Solusinya Anda harus mengolahnya tterlebih dahulu. Meracik jerami padi sebagai pakan ternak berkualitas perlu Anda lakukan. Jerami lebih bergizi maka kandungan lignin dan siilicia harus dihilangkan. Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk menghilangkan kedua zat tersebut dan mebuat jerami lebih bergizi. Yaitu dengan mengolahnya biar zat sanggup terurai sehingga kandungan gizi jerami sanggup dicerna oleh ternak.

Berikut metode-metode yang sanggup Anda gunakan dalam mengolah jerami padi menjadi pakan ternak berkualitas :

1. Pakan Ternak Amoniasi Jerami
Metode ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan kualitas pakan ternak dengan materi dasar jerami padi. Pada prinsipnya aminosia jerami yaitu metode pelunakan jerami dengan menambahkan nitrogen (amoniak) secukupnya, sebelum dipakai sebagai pakan ternak.
Amoniak sanggup bekerja meningkatkan basil pencernaan dan membatu proses penguraian masakan dalam perut ternak. Bertambahnya jumlah basil pengurai maka otomatis kandungan serat agresif dan protein dalam jerami padi sanggup dicerna oleh ternak. Manfaat yang sanggup Anda peroleh dengan metode amoniasi jerami ialah :
  1. Dapat meningkatkan kandungan protein agresif jerami padi naik menjadi 200-300%
  2. Menaikan sebesar 60-62% daya cerna jerami pada ternak
  3. Meningkatkan sebesar 31-43% konsumsi pakan ternak
Nah, itu tadi manfaat yang sanggup Anda peroleh dengan metode aminosia jerami. Pakan ternak jadi tidak “mubazir”  atau sia-sia, kandungan gizinya sanggup diserap untuk menuingkatkan pertumbuhan ternak Anda. Pastinya Anda ingin tau gimana cara pembuatanya, baiklah inilah cara pembuatan pakan ternak metode aminosia jerami yang sanggup Anda pelajari, sebagai berikut :

Bahan-bahan dan alat:
Siapkan ember, tong plastik besar/drum/plastik besar, garuk/skop, jerami padi 100 kg, pupuk urea 4-6 kg dan Air ±100 Liter
Cara Pembuatan :
  1. Jerami yang sudah disiapkan dipotong-potong dengan mesin penggiling terlebih dahulu. (Langkah ini bisa dilakukan kalau Anda mempunyai mesin) atau dengan alat seadanya.
  2. Masukan jerami pada tong plastik/drum/plastik besar, padatkan dengan diijak-injak, hingga ketinggian 20cm. Cara memadatkan sedikit demi sedikit supaya tidak ada rongga udara pada selala jerami
  3. Lakukan penyiraman hingga jerami basah
  4. Taburi urea diatas tumpukan jerami padi yang sudah basah.
  5. Masukan jerami kembali dan dipadatkan setinggi 20 cm, siram dengan air dan ditaburi urea kembali
  6. Lakukan proses yang sama hingga tong plastik terisi penuh,
  7. Langkah selanjutnya diamkan hingga 2 minggu, setelah itu bongkar untuk diangin-anginkan dan bisa diberikan pribadi untuk pakan ternak.

Demikanlah cara pembuatan pakan ternak dengan metode amoniasi jerami, cukup sederhana bukan!, Hanya dengan melaksanakan perlakuan tersebut kandungan gizi jerami sanggup dimanfaatkan secara baik untuk ternak Anda.
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar 1  cara pembuatan  pakan ternak amoniasi jerami
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar 2 cara pembuatan pakan ternak amoniasi jerami

Sumber Gambar : BP4K Kualla
Cara tunjangan pakan ternak :
  • Untuk ternak sapi atau kerbau, komposisi tunjangan pakan ternak amonisia jerami sebanyak 15 kg diperuntukan bagi ternak dengan bobot ±300kg dan ditambah konsentrat
  • Sedangkan untuk ternak kambing atau domba, tunjangan pakan ternak cukup sebanyak 1 kg/ekor ditambah konsentrat.
2. Pakan Ternak Fermentasi Jerami
Fermentasi jerami, nah Anda tahu tape? Proses pembuatan pakan ternak fermentasi pada jerami sama prinsipnya menciptakan dengan tape. Menggunakan ragi atau rumen supaya bisa dicerna oleh ternak. Cara pembuatanya ialah berikut ini :

Bahan dan Alat :
Siapkan ember, gudang penyimpanan (lantai tanah), jerami padi 500 kg, air, dan Starbio Rami Pluss 1 kg
Cara pembuatan :
  • Siapkan jerami lalu tebar ke tempat yang telah disediakan (usahakan lantai tanah).
  • Tumpuk jerami dan lalu dipadatkan dengan diijak-injak, hingga ketinggian 20cm.
  • Lakukan penyiraman hingga jerami basah
  • Taburi starbio diatas tumpukan jerami padi yang sudah berair hingga merata Jika Anda menggunakan remi plus campur air sesuai dosis terlebih dahulu gres disiramkan keatas rumpukan jerami.
  • Lakukan proses yang sama hingga seluruh jerami habis
  • Tutup tumpukan jerami dengan plastik atau terpal.
  • Langkah selanjutnya diamkan hingga 2-3 minggu,
  • Angin-anginkan terlebih dahulu dan bisa diberikan pribadi untuk pakan ternak.
 
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar cara pembuatan pakan fermentasi jerami
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar pakan ternak fermentasi jerami
Sebelum diberikan ke ternak Anda bisa campurkan dengan konsetrat terlebih dahulu, supaya kandungan gizi semakin tinggi. Keuntungan menggunakan metode ini ialah selain sanggup dicerna dengan baik, pakan ternak jerami fermentasi mempunyai daya tahan cukup, sehingga Anda bisa menggunakanya sewaktu-waktu dan tidak kerepotan harus mencari pakan ternak.

3. Pakan Ternak Silase Jerami
Metode menciptakan silase jerami pada pada dasarnya hampir sama dengan metode fermentasi, tetapi silase sanggup dibentuk dengan materi jerami basah, dan diolah secara alami dengan basil laktat supaya terjadi fermentasi. Ini ia cara pembuatan silase jerami:

Bahan dan Alat :
Siapkan alat berupa tong plastik/drum, jerami 100 kg (jerami basah), dan bekatul 10 kg atau bisa menggunakan tetes tebu 10 liter.
Cara pembuatan:
  1. Jerami dipotong-potong atau bisa juga digiling, menjadi bab kecil-kecil.
  2. Masukan jerami kedalam tong plastik dan dipadatkan secara sedikit demi sedikit (sebaiknya per 20 cm)
  3. Taburkan bekatul/dedak secara merata dibagian permukan jerami yang sudah ditumpuk.
  4. Lakukan proses tesebut berulang-ulang hingga tong plastik/drum terisi penuh
  5. Jika Anda menggunakan tetes tebu, maka larutkan kedalam 2-5 liter tetes kedalam 10 liter air, dan siram kedalam tumpukan jerami hingga habis
  6. Diamkan 3 ahad dan silase jerami sudah bisa dipakai untuk pakan ternak.
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar pembuatan silase jerami padi sebagai pakan ternak
Pembuatan silase jerami cukup menguntungkan, alasannya tidak harus dipakai sekaligus. Pemberian pakan ternak sanggup dilakukan secara sedikit demi sedikit mengambil dari tong. Selain lebih efisen waktu dan tenaga pembuatan silase sangat baik untuk proses pengemukan ternak, alasannya kandungan protein agresif bisa secara optimal dicerna ternak Anda.

4. Pakan Ternak Straw Mix
Disaat animo kemarau atau “Ketigo” dalam bahasa jawa, menyiapkan pakan ternak cukuplah sulit. Mencari hijauan tidak semudah dimusim penghujan. Straw Mix ialah cara yang paling cocok dipakai saat musim-musim tersebut tiba. Caranya yaitu dengan mencampur jerami dengan tetes dan konsetrat supaya kandungan keperluan gizi ternak kerbau, sapid an kambung terpenuhi.

Alat dan Bahan :
Ember, pisau potong, 6 kg jerami kering, tetes 2 liter dan konsentrat 2 kg.
Cara pembuatan :
  1. Potong jerami menjadi bab kecil-kecil dengan mengunakan pisau potong (menjadi bab 5-8cm)
  2. Masukan jerami kedalam ember
  3. Masukan tetes campurkan dengan jerami hingga teraduk rata
  4. Tambahkan konsetrat kedalam ember, aduk pula secara merata.
  5. Pakan ternak straw mik sanggup diberikan pribadi pada ternak.
Mudah bukan menciptakan straw mik dari jerami padi. Ingat setelah ternak diberi pakan straw mik harus, jangan lupa Anda harus memperlihatkan air minum sesuai keperluan ternak.
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar proses pembuatan pakan ternak straw mix 
Cara Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak  Wow Begini, Cara Mudah Mengolah Jerami Padi untuk Pakan Ternak
gambar proses pembuatan pakan ternak straw mix jerami padi
Gambar : jejakpenyuluh.bloggspot.com
  • Keuntungan straw mix ialah sanggup meningkatkan kadar gizi dalam jerami, meningkatkan proses cerna dan meningkatkan palatabilitas ternak.
  • Kelemahan straw mix ialah tidak bisa tahan lama.  Jika straw mix Anda buat pagi, maka waktu sore hari harus habis.
Sumber : Teknologi Mudah Untuk Petani Mandiri (Sentot Burhanudin Ikhsan, S.pt)
 
Teknologi pembuatan pakan ternak cukup praktis, dengan meningkatkan kulitas pakan, maka ternak akan menjadi semakin sehat, dan badan secara optimal. Teknologi simpel ini sanggup Anda terapkan untuk pakan ternak kambing, domba, sapi dan juga kerbau. Selamat mencoba

0 Response to "Wow Begini, Cara Simpel Mengolah Jerami Padi Untuk Pakan Ternak"

Total Pageviews