Latest News

Cara Gampang Menciptakan Pestisida Nabati Dari Jengkol

Jengkol dikenal oleh masyarakat luas mempunyai aroma yang khas dan begitu aduhai yang tak terlupakan. Dibalik aromanya yang khas ini ternyata jengkol bisa juga digunakan sebagai materi dasar untuk pestisida organik yang sangat  ramah lingkungan. Sangatlah rasional bila jengkol dijadikan pestisida yang mempunyai fungsi untuk mengusir dan menolak hama pada tanaman. Kaprikornus bukan hanya kita saja yang tidak betah sama bau jengkol, hama pun akan menjauh kalau busuk aroma jengkol tercium dengan mereka.

Pestisida jengkol bisa dikatakan gres keberadaannya sebagai materi dasar pembuatan insektisida organik  yang bersifat alami dan sangat ramah lingkungan. Insektisida ini uga  mudah dibentuk dan bahan-bahannya pun mudah untuk didapatkan,
Apa saja materi yang diharapkan untuk menciptakan insektisida dari jengkol ?
insektisida ini terbuat dari bahan2 alami yaitu; jengkol, cabe merah, dan urine binatang ternak ( Sapi, Kambing maupun Kelinci )
Cara menciptakan insektisida ini pun tidaklah terlalu sulit dan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal kalau dibandingkan dengan biaya pembelian insektisida anorganik.
g unsur hara yang cukup tinggi alasannya ialah mengandung nitrogen dan mengandung urea yang berasal dari urine binatang ternak yaitu sapi, kambing, kerbau, kuda, kelinci dan lain-lain.
Insektisida jengkol ini mempunyai fungsi ganda yaitu selain sebagai pestisida pembasmi hama, juga sanggup berfungsi sebagai pupuk yang sanggup membantu kesuburan tanaman. Insektisida ini baunya sangat tajam sekali alasannya ialah berasal dari urine dan jengkol yang populer bau, sehingga bisa menciptakan hama menjadi kabur dan mati. Dengan menggunakan insektisida jengkol ini maka tidak perlu lagi membeli insektisida anorganik buatan pabrik biar pendapatan para petani sanggup meningkat alasannya ialah modal bisa ditekan
Cara pembuatan pestisida dari jegkol  ini adalah:
1. Menyiapkan alat dan bahan
  • Alat-alat yang dipergunakan untuk menciptakan pestisida dari jengkol ini ialah : 1 bejana berdiameter, 2 bejana kecil, gayung, kain penyaring, dan tanki penyemprot.
  • Bahan-bahan yang dipergunakan untukembuat pestisida dari jengkol ialah : 1kg jengkol, 1kg cabe merah, 5 liter urine atau air kencing binatang ternak, dan juga air 10 liter.
2. Cara pembuatan pestisida organik dari jengkol adalah
  • Jengkol dan cabe merah sebelumnya di tumbuk halus atau di blender, kemudian dimasukkan dalam bejana kecil. Kemudian tutup rapat selama 14 hari. Urine binatang ternak juga  dimasukkan dalam embe kecil yang lain dan tutup rapat juga dan diendapkan selama 14 hari. Inget Urine tersebut dipisah dari larutan jengkol dan cabe merah yaaa.
  • setelah 14 hari kedua larutan tersebut disaring menggunakan saringan atau kain, kemudian dicampur menjadi satu dan pesrtisida jengkol ini sudah siap untuk digunakan. Cara pemakainnya menggunakan tanki dan disemprotkan pada flora yanag terjangkit hama dan penyakit.
Selamat mencoba dan sukses untuk anda…

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Pestisida Nabati Dari Jengkol"

Total Pageviews