Latest News

Cara Menanam Jahe Merah Metode Vertikultur Dan Polybag Di Pekarangan Rumah


Cara Menanam Jahe Merah - Cara menanam jahe merah umumnya di lakukan pada lahan kebun atau tegalan. Kali ini kita akan mengupas cara menanam jahe merah dengan media media karung, polybag,  dengan mengabungkan teknik vertikultur.

 Cara menanam jahe merah umumnya di lakukan pada lahan kebun atau tegalan Cara Menanam Jahe Merah Metode Vertikultur dan Polybag di Pekarangan Rumah
Cara Menanam Jahe Merah
Hal ini cukup selaras dengan keadaan para petani dikala ini, yang memang tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk menanam jahe merah di lahan. Cara menanam jahe merah yang efisien, praktis, dan ekonomis tempat.

Cara menanam jahe merah dengan cara vertikultur harus diawali dengan pembuatan rak bertingkat untuk menyusun media tanam, supaya tidak memakan banyak tempat. Kemudian Anda juga harus menyiapkan media lainnya mirip karung bekas atau polibag, fungsinya sebagai media tanam. Cara menanam jahe merah dengan media karung/polybag mempunyai aneka macam laba diantaranya :
  • Penggunaan lahan dan juga air jauh lebih ekonomis daripada bertani konvensional.
  • Media tanam sanggup diubahsuaikan dengan barang yang ada, diantaranya karung bekas, pot, bahkan polybag.
  • Lebih gampang dalam pemeliharaan.
  • Hasil panen lebih banyak, bahkan jikalau lebih rajin dan tekun, efiensi hasil panen sanggup mecapai 80% dibandingkan cara konvensional.
Untuk mengetahui lebih lanjut wacana cara menanam jahe merah, kita akan membagikan ilmunya dalam cara budidaya jahe merah menggunakan media polybag atau karung sebagai berikut :

1. Persiapan Media tanam
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara menanam jahe merah ialah memilih media apa yang akan Anda pakai. Cara menanam jahe merah sanggup dengan polybag, namun hal ini tergantung dari ketersediaan barang yang Anda punya, untuk lebih mengefisiensi biaya budidaya. Anda juga sanggup memanfaatkan karung bekas yang banyak terdapat di sekitar Anda.

setelah itu, barulah langkah selanjutnya ialah mengisi polybag atau karung tersebut dengan media tanam yang terdiri dari tanah, pasir dan juga pupuk organik dengan komposisi 1 : 1 : 1.

Untuk pupuk sendiri sebaiknya gunakan pupuk organik yaitu pupuk sangkar yang sudah difermentasikan biar lebih gampang terserap oleh media tanam di dalam karung, dan sebagai pemenuhan kandungan unsur hara yang diharapkan benih jahe merah nantinya.

Seperti halnya budidaya jahe gajah yang sudah kita bahas pada Artikel sebelumnya, jikalau lahan terlalu asam. Maka sebaiknya di tambahkan kapur pertanian, supaya PH tanah menjadi netral.

2. Bibit Jahe Merah
setelah media tanam siap, langkah berikutnya dalam cara menanam jahe merah ialah mencari bibit unggulan biar hasil panen nantinya jauh lebih maksimal. Ciri – ciri bibit yang baik ialah berumur tua, bebas dari aneka macam macam penyakit, berwarna cerah serta tidak ada luka.

setelah bibit ungguan jahe merah didapat, selanjutnya ialah merendam bibit jahe merah tersebut di dalam larutan fungisida selama 15 menit. Hal ini bertujuan biar bibit jahe merah Anda terbebas dari aneka macam penyakit akhir jamur maupun gangguan kuman jahat lainnya penyebab kebusukan.
Cara menanam jahe merah selanjutnya ialah menyemai bibit tersebut di tempat yang lembab serta dijauhkan dari sinar matahari langsung. Anda sanggup menaruhnya didalam gudang dengan diberi ganjal jerami. Letakkan bibit jahe merah di atas jerami tersebut kemudian tutup kembali dengan jerami maupun alang – alang.

Pada dikala tahap penyemaian, bibit perlu dikontrol setiap hari biar kelembaban bibit jahe merah tetap terjaga. Atau jikalau bibit terlalu kering, Anda sanggup menyiraminya bertahap sampai kembali lembab. Biasanyanya tunas gres akan tumbuh setelah usia semai mencapai umur 2 minggu, dan setelah tunas keluar, mengambarkan bibit jahe merah sudah siap untuk dipindahkan.

3. Teknik Cara Menanam jahe Merah

Cara menanam jahe merah setelah bibit mengeluarkan tunasnya, Anda sanggup pribadi memindahkannya kedalam media tanam yang sudah Anda persiapkan tadi.

Kemudian tancapkan 3 sampai 5 rimpang pada media tanam karung. Cara menanam jahe merah yang memperhatikan posisi tunas. Dimana cara menanam jahe merah ini diletakan dalam posisi berdiri, dengan mata tunas diatas. setelah itu uruk dengan tanah sedikit saja (3-5 cm) atau tutup dengan media jerami kering dengan ketebalan yang sama.
Siramilah bibit tersebut dengan air secukupnya, dan tempatkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, sampai tunas mulai tumbuh menjadi daun,  alasannya ialah tunas muda sanggup menguning, akhir paparan sinar matahari.

Di bawah ini gambar cara menanam jahe merah dengan media karung dan polybag
 gambar cara menanam jahe merah media polybag  gambar cara menanam jahe merah media karung 

4. Pemeliharaan Jahe Merah

Cara menanam jahe merah juga tidak lepas dari tahap pemeliharaan. Diantaranya ialah rutin menyirami bibit jahe yang masih gres tersebut setiap hari ( terlebih jikalau demam isu kemarau ) untuk menjaga kelembaban tanaman jahe merah tersebut. Penyiraman rutin setiap sore hari Anda lakukan sampai usia tanaman mencapai  0 – 3 bulan.

Penyiangan juga penting dilakukan terlebih sebelum tanaman jahe merah menginjak usia 4 bulan. Penyiangan bertujuan untuk menghilangkan gulma pengganggu yang sanggup menyedot kandungan unsure hara tanah yang seharusnya hanya untuk tanaman jahe merah Anda.

Selanjutnya cara menanam jahe merah juga perlu dilakukan pemupukan susulan biar kandungan unsure hara dalam tanah tetap terjaga. Berikan pupuk susulan dengan menggunakan pupuk organik pada usia tanam 2 bulan dengan takaran kurang lebih 1/5 dari kapasitas media tanam karung tersebut. Untuk hasil terbaik, lakukan pemupukan sebanyak 3 kali sampai sebelum panen tiba.

5. Cara Panen Jahe Merah

setelah masa tanam berumur 10 – 12 bulan, biasanya jahe merah sudah sanggup dipanen. Namun untuk hasil terbaik, tunggulah sampai tanaman jahe merah berumur genap satu tahun, biar tanaman jahe merah Anda saat di panen dalam keadaan benar – benar sudah tua, dan tentu saja biar rimpang jahe merah bertambah berat.

Cara panen jahe merah dengan media polybag/karung sangatlah mudah, Anda tinggal menyobek polybag/karung tersebut, ambil rimpang jahe merah tersebut kemudian dibilas dengan air sampai bersih. setelah itu di angin-anginkan atau dijemur dan siap untuk dipasarkan atau dikonsumsi.

Demikianlah beberapa tips wacana cara menanam jahe merah dengan media karung atau polybag yang sangat praktis. Cara menanam jahe merah dengan cara ini, umumnya hasil panen satu  karung, sanggup me hasilkan rimpang jahe merah sampai 2- 5 kg. Wah tentunya itu hasil panen yang sangat menggiurkan.

Bagaimana ? Anda tertarik untuk mencobanya ???
Untuk tahu lebih jelasnya jikalau ada yang kurang dipahami wacana cara menanam jahe merah, silahkan berikan komentar Anda. Terima Kasih

0 Response to "Cara Menanam Jahe Merah Metode Vertikultur Dan Polybag Di Pekarangan Rumah"

Total Pageviews