Latest News

Ikan Lele Mengambang Di Permukaan Air, Ini Penyebabnya Dan Cara Gampang Mengatasinya

Ikan Lele Mengambang di Permukaan Air - Bagi peternak lele, kesehatan lele ialah salah satu faktor penting yang menghipnotis kesuksesan usahanya. Dalam perjuangan budidaya lele tak jarang dijumpai beberapa penyakit ibarat bintik putih, kumis keriting, atau perut kembung. Namun kadang juga dijumpai adanya sikap absurd pada lele, dimana lele-lele kecil nampak mengambang dan cenderung tak bergerak di permukaan air walaupun masih hidup. Kejadian ini merupakan tanda-tanda umum yang sering melanda lele-lele kecil yang berumur di bawah 2 bulan. Saat masih kecil, kekebalan badan lele masih lemah sehingga gampang sekali terpengaruh oleh banyak sekali keadaan.

 kesehatan lele ialah salah satu faktor penting yang menghipnotis kesuksesan usahanya Ikan Lele Mengambang di Permukaan Air, Ini Penyebabnya dan Cara Praktis Mengatasinya
Ikan Lele Mengambang di Permukaan Air

Nah, kejadian lele mengambang ini biasanya dikarenakan oleh faktor air bak yang terlalu asam. Lele sanggup hidup dengan baik pada pH agak basa, netral, dan agak asam. Apabila pH air sudah menjadi terlalu asam, akan menghipnotis metabolisme lele  sehingga membuatnya lemah dan cenderung mengambang di permukaan air, terutama di pinggir-pinggir kolam. Apabila keasaman ini terus berlanjut sanggup mengakibatkan maut masal pada lele-lele tersebut.

Lele kecil sangat mudah dengan efek keasaman kolam
Apakah penyebab keasaman pada air bak lele? Terdapat 2 faktor yang sanggup menciptakan air bak menjadi asam yaitu kotoran lele dan air hujan. Kotoran yang menumpuk akan menimbulkan air bak bertambah keasamannya dan munculnya racun-racun ibarat amoniak yang membunuh. Air hujan mempunyai pH yang lebih asam dikarenakan efek gas-gas buangan kendaraan bermotor yang berikikatan dengan molekul air. Kedua faktor inilah yang seringkali menjadi penyebab maut pada belum dewasa lele.

Jadi bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? untuk mengatasi masalah lele yang mengambang di permukaan air sanggup dilakukan dengan mengganti air bak secara berkala. Penggantian air ini bertujuan untuk menjaga pH bak biar tidak terlalu asam sehingga tidak mengganggu metabolisme lele. Selain itu, santunan garam pada bak juga akan menjaga pH bak sehingga tidak gampang berubah dan garam (apabila tidak terlalu banyak) juga kondusif bagi lele.

Namun sebaiknya para peternak lele meakukan tindakan pencegahan biar kejadian ikan mengambang tidak terjadi. Pencegahan sanggup dilakukan dengan menjaga kualitas bak lele. Apabila tempat tempat budidaya anda sulit mendapatkan air, sanggup diatasi dengan membuatkan bak organik dengan air hijau yang ditumbuhi alga. Alga yang mengakibatkan air hijau ini bisa menghancurkan kotoran lele dan menetralkan imbas racunnya, selain itu keasaman air hujan juga sanggup dinetralkan oleh alga-alga baik tersebut.

0 Response to "Ikan Lele Mengambang Di Permukaan Air, Ini Penyebabnya Dan Cara Gampang Mengatasinya"

Total Pageviews