Latest News

Cara Gampang Menciptakan Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung - Murah Dan Berkualitas

 Cara menciptakan pakan alternatif untuk ayam kampung – Pakan ayam menjadi salah satu masalah bagi para peternak ayam kampung lantaran harga pakan yang kadang melambung tinggi yang tidak diimbangi kenaikan harga ayam akan menyebabkan kerugian bagi para peternak ayam, untuk mengakalinya biasanya para peternak meramu pakan alternatif ayam kampung untuk menekan biaya pakan yang menjadi permasalahan tersebut dan cara ini sanggup dibilang efektif lantaran selain sanggup menekan biaya pakan, derma pakan alternatif ini juga sanggup meningkatkan produktifitas telur ayam kampung, baca juga artikel wacana menambah nafsu makan ayam kampung.

Cara menciptakan pakan alternatif untuk ayam kampung  Cara Praktis Membuat Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung - Murah dan Berkualitas
Cara menciptakan pakan alternatif untuk ayam kampung (img by @disnak.jabarprov.go.id)
Dalam menciptakan pakan alternatif ayam kampung ini dibutuhkan bahan-bahan utama serta materi pemanis yang menjadi kunci untuk menekan biaya pakan untuk ayam kampung, bahan-bahan yang dipakai ini aku kira tidak terlalu sulit untuk ditemukan lantaran aku yakin materi tersebut sanggup gampang ditemukan ditempat kalian, untuk selengkapnya mengenai materi yang dipakai sanggup melihatnya dibawah ini.
Cara menciptakan pakan alternatif untuk ayam kampung

Pohon talas
Saya kira materi ini niscaya gampang ditemukan didaerah kalian lantaran hampir disetiap kawasan niscaya ada materi yang satu ini, untuk pohon talas ini sanggup dipakai umbinya saja, daun dan tangkainya saja atau sanggup juga mengkombinasikannya, itu berdasarkan selera kalian saja.

Beras dolog atau catu

Beras jenis ini yang akan dipakai untuk menciptakan pakan alternatif lantaran harganya relatif lebih murah ketimbang beras pada umumnya.

Dedak bekatul

Untuk dedak bekatul ini sendiri sanggup kalian pakai dedak dengan kualitas sedang maupun yang bagus, maksud dari dedak berkualitas sedang yakni dedak yang tidak terlalu halus atau kasar.

Tepung tulang
Tulang tepung atau tepung cangkang keong ini sebetulnya tidak harus dicampurkan, namun untuk memperlihatkan nutrisi lebih pada pakan yang akan diramu ada baiknya mencampurkannya supaya keperluan akan nutrisi sanggup terjaga.

setelah semua materi yang akan dipergunakan sudah siap makan kini yakni meramu bahan-bahan tersebut supaya sanggup dikonsumsi oleh ayam kampung, berikut langkahnya :

Cincang umbi talas atau daunnya hingga ukuran kecil atau kurang lebihnya berukuran 1 cm. setelah umbi talas sudah dicincang kemudian campurkan semua materi ibarat beras dolog, dedak, serta tepung tulang menjadi satu kemudian tambahkan air secukupnya dan kemudian direbus hingga semua materi hancur dan tercampur rata.

Oh iya sebelum mencampur semua materi tersebut kalian harus memperhatikan takarannya, untuk menciptakan pakan seberat 2 kg, kalian harus mencampurkan 1 kg umbi talas, ½ kg beras, ½ kg dedak dan untuk tepung tulangnya sendiri berikan sebanyak 1 sendok makan saja atau berdasarkan selera kalian.

Bila pakan sudah tercampur rata kemudian angkat dan didinginkan, jikalau sudah hambar siap diberikan pada ayam kampung.

Pemberian pakan alternatif ini sanggup dibilang tidak mengecewakan lantaran selain sanggup meningkatkan produktifitas telur juga sanggup menekan biaya pakan hingga 50 %, namun ada hambatan dari pakan alternatif ini yaitu soal pembiasaan lantaran ayam yang belum terbiasa dengan pakan ini kemungkinan tidak mau memakannya namun lama-lama ayam tersebut niscaya akan terbiasa dan mau tak mau harus memakannya.

Demikianlah gosip wacana pakan alternatif ayam kampung, supaya gosip ini sanggup berkhasiat dan bermanfaat untuk kalian semua, sekian dari aku dan terima kasih.

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Pakan Alternatif Untuk Ayam Kampung - Murah Dan Berkualitas"

Total Pageviews