Latest News

Mau Tau? Peluang Perjuangan Yang Prospektif, Pembenihan Ternak Ikan Patin Di Lahan 100 M2


Pembenihan Ternak Ikan Patin - Dewasa ini banyak orang mencoba keberuntungan dengan menjajal perjuangan atau bisnis sendiri. Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar salah satu faktor penyebabnya. Sementara keperluan hidup seakan tidak sanggup di tolelir lagi, makin usang makin meningkat. 

Mencoba membuka perjuangan sediri merupakan pilihan tepat. Untuk bangun dan terlepas dari belenggu, yang kian usang terus menyikasa diri. Jika kita mau berusaha tentunya banyak hal yang sanggup dikerjakan. Salah satunya yaitu topik yang akan kita kupas untuk Anda. Yaitu “Bisnis ternak ikan patin“.
 Dewasa ini banyak orang mencoba keberuntungan dengan menjajal perjuangan atau bisnis sendiri Mau tau? Peluang Usaha yang Prospektif, Pembenihan Ternak Ikan Patin di Lahan 100 m2
Pembenihan Ternak Ikan Patin
 Dewasa ini banyak orang mencoba keberuntungan dengan menjajal perjuangan atau bisnis sendiri Mau tau? Peluang Usaha yang Prospektif, Pembenihan Ternak Ikan Patin di Lahan 100 m2
Pembenihan Ternak Ikan Patin
Saat ini belum banyak orang yang terjun di dunia binis ternak ikan patin, padahal permintaanya terus meningkat. Jika Anda sanggup membaca peluang ini, tentu akan menjadi peluang perjuangan yang cukup menjanjikan. Okey, mari kita analisa bersama. 

Pertama, undangan ikan patin meningkat. – Kedua, butuh pemasok yang sanggup memenuhi keperluan pasar. -Ketiga, dibutuhkan orang  yang menjalankan perjuangan pembesaran ternak ikan patin. – Keempat, pembesaran ternak ikan patin membutuhkan kolam yang banyak dan luas. – Kelima, pakan dan pemaliharaan secara optimal menjadi penentu dalam keberhasilan budidaya ikan patin.

Dari 5 analisa sederhana diatas apa yang sanggup Anda lakukan? Tentunya akan ada banyak hal ibarat menciptakan kolam untuk perjuangan ternak ikan patin, kemudian menjalankan budidaya ikan patin tersebut.
Namun bukan itu yang kita maksud. Dalam membaca analisa sederhana maka, Anda tidak harus menjadi pemeran utama “Pelaku budidaya patin langsung”. Tetapi mencari irisan bisnis yang sanggup Anda jalankan sendiri, dalam perjuangan ternak ikan patin ini. Alasanya, alasannya yaitu pengalaman yang minim, beresiko tinggi menimbulkan kegagalan perjuangan ternak ikan patin. 

Ternak ikan patin membutuhkan pakan dan ternak ikan juga memerlukan benih? Pelaku bisnis pembesaran ikan tentunya akan mencari benih (bibit patin) maupun pakan. Nah jadi dalam bisnis ternak ikan patin ini, ada 2 irisan perjuangan yang sanggup Anda kerjakan. Sebagai pemasok benih maupun pakan. Semakin tinggi undangan pasar terhadap ikan patin maka keperluan benih pun meningkat, sama halnya dengan keperluan pakannya. 

Tips bisnis dalam Pembenihan Ternak Ikan Patin
Nah, bagi Anda yang tidak mempunyai lahan, tidak perlu pesimis. Karena tips pembenihan ternak ikan patin yang kita sajikan ini, tidak memerlukan lahan luas. Kaprikornus lahan pekarangan sanggup Anda manfaatkan untuk ternak ikan patin. Inilah tips bisnis pembenihan ternak ikan patin dengan lahan 100 m2 , biar sanggup menjadi pelengkap warta bagi Anda, yang ingin mencoba menjalankan bisnis sendiri. 

Dengan semakin meningkat permintaan, kemudian bertambahnya jumlah peternak yang beralih berbagi perjuangan pembesaran ikan patin, otomatis keperluan benih patin juga terus meningkat. Saat ini undangan akan benih ikan patin tidak hanya di tempat jawa saja, bahkan untuk tempat Sumatera dan Kalimantan juga sangat tinggi. untuk itu anda tidak perlu kawatir jikalau ingin memulai merintis bisnis pembenihan ternak ikan patin ini.

Dilihat dari sisi ajaran budidaya, perjuangan pembenihan ikan patin tolong-menolong sanggup dilakukan oleh siapa saja. Namun demikian, jikalau ingin benar – benar serius melaksanakan perjuangan pembenihan ikan patin, sebaiknya Anda ketahui lebih banyak ihwal cara ternak ikan patin ini.

1. Menentukan Lokasi Ternak Ikan Patin
  • Memilih lokasi budidaya pembenihan ikan patin di lokasi yang mempunyai sumber air dengan suhu antara 24o – 32o
  • Tingkat kadar keasaman air yang akan dipakai untuk budidaya antara 6,5 – 8,5 PH dengan oksigen terlarut 3 ppm serta bebas dari segala jenis pencemaran air yang sanggup meracuni ikan patin.
  • Persiapkan sarana untuk pembenihan ikan patin ibarat water heater,pompa air,PH kit,ember,dan seser.
  • Sediakan induk ikan patin yang telah matang gonad dengan kisaran bobot 1,5 – 2 kg/ekor.
  • Masukkan induk ikan patin dengan perbandingan jantan dan betina 1 : 1.
2. Antasi Kendala
  • Teknik pemijahan pembenihan ikan patin masih memerlukan derma hormon, sehingga Anda harus benar – benar menguasai teknik pemijahan sebelum praktek pembenihan ternak ikan patin dimulai.
  • Ikan patin sangat sensitif terhadap suhu sekitar,untuk itu diharapkan media yang tertutup untuk memanipulasi suhu.
3. Strategi Pembenihan Ikan Patin
  • Kuasai teknik pemijahan ikan patin dengan baik dan benar. Seperti diketahui teknik pembenihan ikan patin masih menggunakan cara manual melalui perangsangan hormon untuk mematangkan gonad.
  • Pengeluaran telur pada induk ikan patin dilakukan dengan cara pengurutan (stripping) sedangkan pembuahan dilakukan manual dengan mencampurkan sperma dan telur di tempat yang kering.
  • setelah sukses melaksanakan pemijahan,atur keadaan suhu dan kualitas air pada kolam pemeliharaan. Jangan lupa untuk memperlihatkan aerasi pada tempat penetasan dikarenakan sifat alami telur ikan patin yang saling melekat satu sama lain.
  • Pada dikala larva gres lahir sampai berusia 10 hari,berikan pakan alami secara intensif untuk meningkatkan kualitas dan laju partumbuhan benih ikan patin.
  • Beberapa pakan alami yang dianjurkan untuk larva muda antara lain rotifer,cacing sutera,moina,atau daphnia.
  • Panen benih ikan patin sanggup dilakukan setelah benih berukuran 2 – 3 cm.
  • Dapatkan benih ikan patin berkualitas melalui beberapa pusat perjuangan pembenihan ikan patin terdekat ibarat tempat Palembang, Jawa, Kalimantan, Sumatera Barat, serta Jambi.
4. Perencanaan Kebutuhan
  • 10 buah kolam dan akuarium 100 buah
  • Induk ikan patin 40 pasang
  • Blower 2 unit dan pompa air 1 unit
  • Peralatan panen dan budidaya
  • 8 buah water heater
  • Total modal usaha
  • Pakan (cacing sutra 504 cangkir, pelet)
  • 2 orang tenaga kerja
  • Listrik
  • Obat dan vitamin
  • Penyusutan dan biaya tak terduga lainnya
5. Pendapatan Panen dan Keuntungan
  • Jika harga jual benih ikan patin berukuran 2 – 3 cm yaitu Rp.170,- dengan Anda memelihara 40 pasang induk ikan patin, dalam 1 tahun budidaya maka akan didapatkan kurang lebih 30.000 benih ikan patin siap panen dengan impian hidup 70%,maka pendapatan yang dihasilkan adalah:
  • 40 pasang x 30.000 ekor x 70% x Rp.170,- = Rp. ??? (Silahkan kalkulasikan)
  • Keuntungan Ternak Ikan Patin = Pendapatan – Biaya produksi/tahun/Bulan
  • Jika laba perjuangan pembenihan ternak ikan patin tersebut yaitu untuk jangka waktu budidaya 1 tahun, maka laba rata-rata perbulan
Dengan potensi laba pembenihan ternak ikan patin yang cukup besar, maka  sangatlah potensial sebagai perjuangan pokok maupun perjuangan sampingan untuk menambah penghasilan Anda,bukan? Estimasi yang kita buat ini, yaitu perencanaan yang obyektif.  Silahkan Untuk mencoba menganalisa lebih lanjut…

0 Response to "Mau Tau? Peluang Perjuangan Yang Prospektif, Pembenihan Ternak Ikan Patin Di Lahan 100 M2"

Total Pageviews