Latest News

Panduan Cara Menanam Teh Yang Baik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam budidaya teh sebaiknya anda harus memperhatikan cara menanam teh mulai dari tanah, iklim, hama dan penyakit, pembibitan, pemeliharaan, pemetikan, penanaman dan pengolahan. The merupakan salah satu komoditi yang terkenal selain kopi sebab juga sanggup dipakai untuk minuman yang menyehatkan dan juga nikmat. Teh juga menjadi minuman alternatif bagi orang yang tidak suka minuman kopi. Berikut cara menanam the semoga hasil yang didapat sanggup maksimal :


  1. Iklim = teh sebaiknya ditanam pada tempat dataran tinggi sebab teh membutuhkan intensitas curah hujan yang tinggi yaitu sekitar 2.000 mm hingga 2.500 mm per tahunnya. Sedangkan pada demam isu kemarau sekitar 100 mm. Teh cocok ditanam pada ketinggian 800 s/d 1100 meter dpl. Dan jangan melebihi dari 1.200 meter dpl. Suhu yang sangat baik untuk tanaman ini ialah antara 14 hingga 25 derajat celcius.
  2. Tanah = sifat tanah harus gembur, subur, sanggup meresap air dengan baik, serta sirkulasi air yang lancar. Untuk mendapatkan tanah yang ibarat itu anda sanggup menciptakan terasering di lahan yang agak curam. Bisa juga anda tanam leguminosa disekitar lahan semoga meningkatkan phisik tanah. 
  3. Pembibitan : untuk mendapatkan benih yang baik anda sanggup memperolehnya dari petani teh atau perkebunan pemerintah yang berkomoditi teh. 
  4. Sebelum benih ditanam di lahan maka tanam dulu di pesemaian, untuk jarak persemaian sekitar 15x20 cm / 20x20 cm. jikalau bedengan mempunyai lebar 100 cm, maka bedengan itu cukup 4 baris saja. 
  5. Tanam bibit untuk persemaian ke dalam lubang yang sudah disiapkan, ukuran lubang tersebut yaitu 50 x 60 x 60 cm, pisahkan tanah serpihan bawah dan serpihan atas.
  6. Lalu tanam bibit yang sudah besar ke dalam lubang. Untuk jarak tanam idealnya sekitar 120 cm x 150 cm. Karena dengan agak jarang ibarat ini maka pohon teh akan lebih berpengaruh lagi dalam menahan serangan demam isu angin dan kemarau. Jumlah tanaman yang ditanam pada jarak ini biasanya 5.000 s/d 6.000 batang per ha.
  7. Pemeliharaan = lakukan penyemprotan untuk membasmi hama penyakit, bersihkan gulma yang sudah tinggi.


Sekian sedikit ilmu yang sanggup saya bagi perihal cara menanam teh semoga berguna.

0 Response to "Panduan Cara Menanam Teh Yang Baik"

Total Pageviews