Latest News

Cara Gampang Menanam Sawi Hidroponik Dengan Teknik Sumbu

Sawi merupakan jenis sayuran hijau yang sangat banyak sekali manfaatnya. Sayuran ini sangat sering dikonsumsi sampai bahkan banyak orang yang ingin menanam sendiri sayuran yang satu ini. Namun kebanyakan orang mengeluhkan cara penanaman sawi yang ribet dan susah, apalagi jikalau anda tinggal di lokasi yang sempit dan tidak mempunyai lahan untuk ditanami. Solusinya yaitu dengan menggunakan cara menanam sawi hidroponik. Dengan cara ini anda akan sangat diuntungkan dari banyak sekali segi. Antara lain anda
Cara menanam sawi hidroponik yang pertama yaitu menyemai benih. Proses menyemai benih ini akan lebih maksimal jikalau anda menggunakan rockwool. Caranya yaitu potong rockwool, basahi dengan air higienis kemudian letakkan pada nampan. Dalam satu potong rockwool anda dapat menyemai 1 sampai 2 benih. Tutup nampan sehingga tidak ada cahaya yang masuk. Dalam keadaan ibarat ini biasanya benih akan tumbuh dalam waktu 1 hari sampai 4 hari. setelah tumbuh tunas pada benih kemudian anda dapat pindahkan nampan ke tempat yang lebih terang. Atau dapat letakkan di tempat yang terkena sinar matahari secara tidak langsung. Misalnya di bersahabat jendela atau di teras rumah. Pada tahap ini anda harus menyemprotkan air setiap pagi dan sore pada rockwool.
Cara menanam sawi hidroponik yang selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Yaitu dengan menggunakan botol air mineral bekas. Potong botol menjadi 2. Jangan lepas tutup botolnya alasannya yaitu pada bab ini akan dilubangi dan dipasang sumbu (sumbu kompor minyak). Pasang kedua pecahan botol ini dengan posisi bab bawah botol tetap menghadap ke atas. Ini yang nantinya akan digunakan sebagai penampungan air. Dan bab atas botol (yang ada tutupnya) ditumpuk diatas penampungan air tersebut tapi dengan posisi terbalik.
Bagian penampungan air diisi dengan air dan nutrisi hidroponik setinggi 2/3tinggi botol, sedangkan bab atas diisi tanah humus. Langkah-langkah menanam sawi berikutnya yaitu memindahkan sawi ke dalam tanah humus. Pindahkan dengan hati-hati untuk mencegah akarnya supaya tidak putus. Beri pupuk secara rutin dan anda akan dapat memanen jadinya setelah dua bulan ke depan. Begitulah tadi cara menanam sawi hidroponik. Sangat gampang bukan?

Deskripsi: Cara menanam sawi hidroponik sangat gampang dan jadinya pun lebih baik alasannya yaitu hasil panennya lebih segar dan berkualitas. Teknik sumbu ini sangat gampang dan murah untuk dicoba. 


0 Response to "Cara Gampang Menanam Sawi Hidroponik Dengan Teknik Sumbu"

Total Pageviews