Latest News

Cara Gampang Beternak Lebah Madu Di Pekarangan Rumah

Bagi sobat sahabat yang ingin memelihara lebah madu sesungguhnya tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama. namun lebah ini tergantung dari keadaan lingkungan yang memadai. ternak lebah madu yang di jalani oleh abang saya sudah berjalan sekitar 10 tahun lebih, lebah lebah yang tinggal di kotak kotak kecil di sandingkan berjejer di samping rumah di bawah pohon kopi coklat. kotak kotak yang berisi satu kerajaan lebah ini jikalau kita biarkan saja di akan semakin banyak dan kita harus rutin untuk melihat sudah banyak atau belum kah anakan anakan lebah yang ada di dalamnya. setiap kotak lebah mempunyai satu ratu yang memimpin lebah satu kotak tersebut, jikalau ratunya ada dua ia akan berpisah menjadi dua kubu. kotak kotak yang ada di samping rumah saya mirip di bawah ini :


Cara Ternak Lebah Madu di Pekarangan Rumah

Kotak kotak mirip ini di buat dengan papan papan dari pohon waru kalau ada, selain waru pohon sengon juga bagus, alasannya kotak sangat menghipnotis kenyamanan lebah yang tinggal di dalamnya. dan suhu lingkungan harus di perhatikan alasannya lebah tidak suka dengan lokasi yang panas dan banyak asap. ternak lebah madu ini tidak mengeluarkan biaya untuk masakan sehari harinya. kita cukup menanam bunga bunga di sekitaran ternak ini, lebih cantik lagai kalau pekarang rumah kita bersahabat dengan kebun kebun yang banyak menghasilkan bunga, mirip kebun kopi dan lain sebagainya, alasannya itu sangat menghipnotis madu yang akan di hasilkan. hasil madu dari setiap kotak lebah tidak sanggup di targetkan alasannya lebah sangat tergantung dengan demam isu yang sedang terjadi dan bunga bunga yang ada di sekitarnya. walaupun lebah ini sangat luas jangkaunya untuk mencari makananya. bunga bunga yang disukai oleh lebah madu yaitu :

  • bunga kopi,
  • bunga randu
  • bunga kaliandra
  • kelapa sawit
  • kayu sono
  • kayu puspa
  • mangga
  • bunga kangkung
  • bunga tembakau
  • bunga karet
  • bunga rambutan
  • bunga marenggo
  • bunga akasia
  • bunga klengkeng
  • bunga mangga  dan lainnya yang mempunyai nektar maupun pollen mirip bunga jagung,dan bunga palm
 
Ada banyak cara untuk ternak lebah madu sebenarnya, kalau cara yang ada di atas yaitu cara cara yang sangat alamiah dan tidak ada tekniknya sama sekali. di bawah ini akan di uraikan perihal bagaimana cara menyebarkan lebah dari pemilihan bibit lebah yang bagus, penggembalaan lebah madu. cara cara ternak lebah madu di bawah ini saya ambil dari sahabat blogger yang sudah menjelaskan aneka macam rule rule yang harus di lalui.


Ternak Lebah Madu


    Demikianlah ulasan perihal cara ternak lebah madu yang sanggup kita mulai dari sekarang.


    1. Persiapkan kotaknya terlebih dahulu.
    2. Kotak bab atas terbuka.
    3. Tutup kotak terbuat dari kayu,tidak di paku.
    4. Ambil tutup kotak.Taruh di bab atas dari koloni lebah.
    5. Tempelkan telapak tangan untuk menggiring perlahan, shg koloni berpindah dan menggantung ke tutup kotak.
    6. Sambil meggiring, cari lebah ratu. Bentuknya paling besar dan paling panjang.berwarna kuning muda mirip lebah yang gres menetas.
    7. Ambil ratu dan potong sayapnya shg sulit terbang,jika ratu terbang akan di ikuti oleh semua lebah yang ada.
    8. setelah sayap dipotong,jangan hingga ratu tsb jatuh ke tanah alasannya disamping takut terinjak atau di mangsa binatang lain, lebah pekerja tak akan ikut ratu yang berada di permukaan tanah. Bahkan ratu akan di tinggal.Lalu akan menciptakan ratu baru.
    9. Jangan takut di sengat ratu lebah.karna semua lebah akan mati setelah menyengat.Makanya ratu tak akan menyengat. Dan ratu niscaya tak ingin mati, alasannya hanya ratu saja yang mempunyai kiprah bertelur terus dan tak mati setelahnya. Lebah pekerja sanggup bertelur, tapi setelah satu kali bertelur ia akan mati, maka lebah pekerja niscaya tak akan berani bertelur jikalau tak terpaksa.misalnya ratu mati.
    10. Cari terus hingga ratu benar2 didapatkan.posisikan koloni berada di atas untuk mempermudah mencari ratu.
    11. Pindah kekotak setelah ratu sudah aman.bila perlu ratu di ikat dg benang kecil atau buatkan kurungan sebesar kotak korek api dengan kawat nyamuk.
    12. Hiraukan sementara lebah yang beterbangan kesana kemari.setelah salah satu lebah mengetahui posisi ratunya, maka tak berapa usang lebah2 akan mengumpul mengerumuni ratu.
    Demikianlah ulasan perihal bagaimana cara ternak lebah madu, semoga bermanfaat  dan selamat mencobanya... (^_')
    Sumber:  /search?q=cara-ternak-lebah-madu-di-pekarangan

    0 Response to "Cara Gampang Beternak Lebah Madu Di Pekarangan Rumah"

    Total Pageviews